Pages

Monday, October 20, 2014

Internet dan New Media


INTERNET

Internet dijaga oleh perjanjian bi- atau multilateral dan spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan tentang perpindahan data antara rangkaian). Protokol-protokol ini dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force (IETF), yang terbuka kepada umum. Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai RFC (Request for Comments). Sebagian dari RFC dijadikan Standar Internet (Internet Standard), oleh Badan Arsitektur Internet (Internet Architecture Board - IAB). Protokol-protokol Internet yang sering digunakan adalah seperti, IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL. Beberapa layanan populer di Internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email/surat elektronik, Usenet, Newsgroup, berbagi berkas (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. Di antara semua ini, email/surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan Weblog.


Internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui Internet dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo! Messenger, MSN Messenger dan Windows Live Messenger. Beberapa servis Internet populer yang berdasarkan sistem tertutup (Proprietary System), adalah seperti IRC, ICQ, AIM, CDDB, dan Gnutella.

Dalam perkembangannya yang hanya terbatas di negara Amerika Serikat, sekarang Internet bisa digunakan di seluruh dunia. Di dalam penggunaan Internet, terdapat beberapa protokol-protokol Internet yang digunakan, antara lain, TCF, DNS, IP, SSL, FTP, Telnet, HTTPS, SSH, HTTP, POP3, UDP, IMAP, dan SMTP. Beberapa layanan-layanan populer Internet yang menggunakan protokol-protokol tersebut adalah surel (surat elektronik) atau biasa di sebut email, Newsgroup, Usenet, File Sharing, IRC, WWW, dan sebagainya. Beberapa yang disebutkan diatas, yang paling sering digunakan yaitu email dan WWW. Selain yang disebut diatas, Internet dapat digunakan untuk berhubungan antara dua pengguna atau lebih melalui aplikasi pengiriman pesan secara instan seperti YM, MSN, Camfrog, Facebook, Twitter, dan Pidgin atau beberapa aplikasi sejenis yang sekarang ini berkembang pesat.

Internet secara tidak langsung memiliki pengaruh besar dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan pandangan dunia. Sekarang ini dengan hanya menggunakan Internet dan mengakses Google, pengguna dapat memperoleh berbagai macam informasi yang sangat lengkap bila dibanding mencari informasi di buku perpustakaan.
Dampak Positif Dan Negatif Penggunaan Internet

Dampak Positif Internet :

1. Media Komunikasi
Hal yang terlintas pada benak kita adalah chatting, salah satu media yang digunakan untuk berkomunikasi. Dan contoh media yang sering digunakan adalah facebook, twitter, friendster, Mirc. Selain itu internet juga dapat digunakan untuk mengirim E-mail, dan melakukan video conference atau bahkan berkomunikasi langsung lewat telephone via online. Hal ini memudahkan bagi para pengguna jejaring sosial untuk dapat berkomunikasi dan mengenal seseorang tanpa memikirkan jarak ataupun tempat.

2. Sumber Informasi
Informasi di internet sangatlah baru dan selalu diperbaharui setiap waktu, terlebih lagi internet berhubungan dengan informasi di seluruh dunia, para pecandu informasi akan tetap bisa mencari informasi tanpa terhalangi oleh jarak dan tempat dengan adanya Google, Yahoo, dan website-website yang lain, bahkan mahasiswa sekalipun dapat mengetahui kelulusannya lewat internet tanpa harus mendatangi ke kampusnya. Dan hal inipun sangat berguna bagi pelajar yang ingin belajar otodidak dalam suatu hal terlebih dengan adanya gambar yang dapat dicari di internet memudahkan pelajar untuk dapat praktek otodidak, karena internet menyediakan segala keperluan informasi yang kita butuhkan.

3. Media Pendidikan Sekaligus Hiburan
Internet kini diolah sedemikian rupa hingga tersedia software atau aplikasi yang menunjang dan mengasah pendidikan anak, yang iringi dengan hiburan agar pembaca tidak merasa bosan. Dengan belajar melalui internet anak dapat mendapatkan pendidikan yang lebih luas. Beberapa game juga diaplikasikan untuk meningkatkan kecerdasan anak, dengan gambar yang dirancang begitu menarik dan materi yang tidak membosankan mengundang minat anak untuk melatih konsentrasi, dampaknya anak akan dapat belajar untuk memecahkan suatu hal dan lebih berkonsentrasi dalam menyelesaikan masalah.

4. Memudahkan Belanja dan Bertransaksi
Dengan adanya E-commerce memudahkan kita untuk berbelanja tanpa harus mendatangi Mall atau tempat jual beli barang yang kita inginkan. Internet tidak hanya untuk mencari data atau informasi yang dicari saja, tetapi dapat digunakan sebagai tempat berjualan barang dan jasa. Telah tersedia pembayaran kartu kredit dalam internet (E-Banking) sehingga konsumen tidak perlu pusing-pusing untuk membayar di kassa, tentu hal ini sangat berguna bagi para wanita karir yang tidak mempunyai waktu untuk berbelanja keluar rumah.

Dampak Negatif Internet :

1. Pornografi
Saking terlalu gampangnya mendapatkan informasi di internet, internetpun terkadang menjadi ajang pornografi. Hal ini harus di antisipasi bagi orangtua yang tidak menginginkan anaknya menyalahgunakan dunia internet. Situs atau homepage yang berbau pornografi sering kali terbuka ditengah iklan, atau bahkan dicari dengan sengaja. Hal ini salah satu penyebab diadakan pemblokiran situs pornografi di Indonesia.

2. Perjudian
Sudah tidak dipungkiri dengan internet dapat berkomunikasi dengan jarak tak terhingga, membuat para pelaku perjudian terjun dalam internet dan menyalahgunakan internet untuk berjudi jarak jauh dan aman atau bahkan berjudi secara online.

3. Penipuan
Penipuan dapat terjadi dimana saja dan kapan saja, termasuk internet maraknya berkenalan dengan orang asing juga salah satu hal yang dapat dijadikan modus, atau bahkan iklan yang berkedok hadian jutaan miliyar. Hal yang patut kita lakukan adalah mengindahkan hal-hal yang belum tau pusat informasinya.

4. Kurang Bergaul
Dengan informasi yang sangat banyak dan tak terhingga didunia internet mengurangi waktu bergaul dengan teman-teman yang lain khususnya para pelajar atau mahasiswa, bahkan di zaman yang telah canggih ini anak SD pun sudah berkenalan dengan dunia internet, hal ini mengurangi waktu mereka untuk berkomunikasi dengan teman sebayanya dan hal ini akan berdampak penyimpangan sosial dimasa depannya.

5. Kecanduan
Bila seseorang merasa lebih nyaman dengan fasilitas dan informasi dalam internet, dalam dirinya timbul rasa tidak peduli dengan waktu, hal ini menyebabkan ketergantungan kepada internet bahkan kecanduan untuk pelaku game online dan jejaring sosial media. Tentu dibutuhkan perhatian khusus dari pihak orang tua agar anaknya yang masih dibawah umur tidak mengalami kesimpangan sosial karena internet.


NEW MEDIA

Konsep dasar dari New media adalah media baru sebagai perantara antara perangkat digital dengan manusia sebagai makhluk sosial. Manusia dapat lebih interaktif dalam melakukan suatu interaksi sosial . New media diartikan sebagai media sosial yang dapat mepermudah seseorang untuk mendapatkan atau memberikan suatu informasi. Macam-macam bentuk New media dapat berupa Blog, Website, Jejaring Sosial, Email, dan lain sebagainya yang dapat digunakan untuk melakukan interaksi digital. 
New Media sebagai Teknologi Komputer yang digunakan sebagai Platform Distribusi New Media yang berperan sebagai sarana distribusi, misalkan melakukan penjualan di situs jejaring sosial.

New Media sebagai Data Digital Dikendalikan oleh Software New Media mengandalkan representasi digital dan computer berbasis pengiriman untuk melakukan berbagai kualitas umum, lali kemudian New Media dijadikan sebagai data digital yang dapat dimanipulasi oleh perangkat lunak lainnya.

PANDANGAN NEW MEDIA
New Media merupakan sarana baru yang dapat meningkatkan interaksi sosial antara manusia dengan manusia lainnya dengan menggunakan alat digital seperti yang telah disebutkan diatas. Smartphone juga bisa diktakan sebagai perangkat keras new media selain computer PC. Pengguna Smart Phone dan PC dapat mengambil keuntungan lebih disbanding menggunakan Ponsel biasa yang hanya bisa melakukan komunikasi 2 arah, dengan Smart Phone dan bantuan koneksi internet kita dapat lebih luas mengetahui berbagai informasi baru yang ada diluar sana. Saya sebaggai pengguna dan penulis Blog merasakan banyak manfaat yang di dapat dari New Media, dengan Blog kita dapat bertukar informasi seputar masalah yang kita ingin tahu dan masalah yang belum kita tahu. Sebuah new media mempunyai batas-batas tentang informasi. Akan tetapi new media adalah suatu revolusi di bidang komunikasi.

MANFAAT NEW MEDIA
Adanya teknologi New Media sangatlah bermanfaat bagi kita sebagai makhluk sosial untuk mendapatkan berbagai macam informasi. New Media tidak membatasi sumber daya, dan tidak membatasi adanya pengalaman yang interaktif. Beberapa kelebihan yang dapat saya angkat dari New Media diantaranya :
New Media meningkatkan kecepatan berkomunikasi dengan orang lain. New Media membantu kita menjalankan komunikasi yang interaktif dan tidak sekedar 2 arah saja. 


KOMPONEN NEW MEDIA
Komponen dari new media yaitu : Handphone, Internet, dan Komputer. Handphone / Smart Phone dapat dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Smart Phone kita dapat mengakses bebesapa situs jejaring sosial. Internet dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Internet kita dapat mengakses berbagai informasi dimanapun kita berada. Internet memudahkan kita untuk melakukan sebuah interaksi sosial dengan manusia sekitar. Komputer dijadikan sebagai komponen New Media karena computer juga dapat memudahkan kita mendapatkan informasi. Ketiga komponen diatas tidak dapat saling dipisahkan, antara Smart Phone dengan Internetm dan juga Komputer dengan Internet. Ketiganya saling berkaitan dan harus seimbang dalam pemakaiannya.

APLIKASI-APLIKASI NEW MEDIA
Berbagai macam aplikasi-aplikasi New Media, diantaranya :
1. Facebook
Facebook adalah jejaring social yang didirikan oleh Mark Zuckerberg dan teman-temannya. Facebook diluncurkan pada tahun 2004. Media jejaring social ini adalah contoh aplikasi yang digunakan untuk berinteraksi dengan manusia lainnya di seluruh dunia seakan tanpa ada batasan geografi. Facebook memungkinkan semua orang dapat terdaftar dan menggunakan media aplikasi ini dengan batasan umur minimal 13 tahun.

2. Twitter
Twitter adalah sebuah situs web mikroblogging yang memungkinkan penggunannya mengirim atau membaca pesan yang bisa disebut tweets (kicauan). Pesan dalam mikroblogging ini hanya dibatasi 140 karakter untuk tiap penulisannya.

3. Foursquare
Ini adalah aplikasi layanan social yang dibuat tahun 2009 oleh Dennis Crowley dan Naveen Selvadurai. Situs ini memungkinkan kita untuk memberitahu lokasi dimana kita berada dengan bantuan GPS. Pengguna"check-in" (cek masuk) di berbagai tempat melalui situs web bergerak, pesan teks atau aplikasi tertentu dengan menjalankannya dan memilihnya dari daftar tempat terdekat yang dilacak oleh aplikasi tersebut.

4. Youtube
YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer yang didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan Paypal,:Chad Hurley, Steven Chen dan Jawed Karim. Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise pada Mei 2006 YouTube memiliki pangsa pasar sebesar 43 persen. 




DAMPAK POSITIF
1. Kemajuan dari new media ini tentunya akan memunculkan pola pikir masyarakat yang bersifat human talent.Humant talent disini adalah manusia akan selalu berusaha memperluas daya bakat yang ada dalam dirinya untuk menciptakan hal yang baru secara terus menerus.Sifat inilah yang dibutuhkan masyarakat demi kemajuan manusia di masa depan.

2. Sistem yang tertata semakin baik.
Sistem dimana maksudnya?dalam hal ini sistem dalam berbagai bidang dan aspek kehidupan.Kita ambil contoh yang paling mudah dalam hal keamanan,dengan adanya teknologi new media yang semakin berkembang tentunya keamanan bagi negara kita menjadi semakin baik.dalam hal kesehatan,penyembuhan pasien menjadi lebih efektif dan berjalan cepat sehingga pasien menjadi terurus dengan baik.

3. Dalam hal pendidikan,pendidikan dapat dibuat secara demokratis.
Maksud dari pernyataan tersebut adalah metode mengajar dengan computer menjadi pelajaran menjadi lebih interaktif,responsive dan cocok dengan gaya para pelajar.Informasi yang diberikan pun menjadi lebih baik karena bersifat uptodate.

4. Berkembangnya new media seiring dengan jasa media itu sendiri.
Banyaknya jasa media yang beredar semakin mempermudah kita.jasa dari home to home(rumah ke rumah)membuat kita menjadi lebih cepat dalam memperoleh kenyamanan teknologi yang diberikan.

5. Masyarakat akan menulis lebih baik dan lebih cepat berhubungan dengan ide secara lebih baik. Terima kasih kepada pengolah kata atau word processor.

DAMPAK NEGATIF
1. Rasa sosial terhadap lingkungan menjadi acuh.
Tentu saja,karena sibuk dengan new media,manusia menjadi sibuk dengan dirinya sendiri sehingga tidak memperhatikan lingkungan sekitar.

2. Terjadinya polusi informasi.
Hal ini pasti sering terjadi,banyaknya informasi yang diberikan membuat jumlah informasi takkan terhitung banyaknya.Dampak dari ini tentunya banyak informasi yang terkadang masih diragukan kebenarannya.

3. Tumbuhnya sikap hedonisme dan komsumtif.
Sebagai kesimpulan akhir,bagaimanapun dunia yang semakin mengglobal dengan pesatnya,
Bila diikuti dengan pikiran dan sikap yang cerdas,tentunya akan berjalan dengan baik pastinya.
Tetapi manusia selalu mempunyai sifat yang berbeda satu sama lain.Sehingga hal ini sering terjadi.Rasa dan kebutuhan yang selalu tidak pernah puas menyebabkan sikap ini selalu ada dalam kehidupan masyarakat kita.

4. Membudayanya budaya massa dalam suatu komunitas masyarakat, dimana pola kehidupan yang dinamis ditimbulkan karena adanya keinginan dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Nama Kelompok:

Achdiyat Kusuma
Luthfi Syam Nugraha
Mohammad Widi Widayat
Tio Trisnanda Praja

Sumber:

0 comments:

Post a Comment