Pages

Friday, October 7, 2016

PELUANG BISNIS DALAM BIDANG IT

Teknologi informasi telah berkembang sangat jauh. Teknologi informasi ini sangat membantu pekerjaan banyak orang, karena pekerjaan dapat diambil alih oleh salah satu produk teknologi informasi yaitu komputer. Oleh karena itu dunia IT kemudian dapat menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan. Namun sebelum mencoba terjun dalam bidang usaha dunia IT maka harus mengerti dulu beberapa hal tentang IT. Selanjutnya tinggal menggunakan kreatifitas kita untuk mencoba membuka usaha dalam dunia IT tersebut. Berikut ini adalah beberapa peluang usaha dalam dunia IT.

1. Web Development
Jasa pembuatan website ini harus bermodalkan keahlian di bidang IT, membeli domain, hosting, dan tentunya jaringan internet. Ini merupakan pekerjaan yang tidak akan pernah sepi pembeli. Mengingat efektivitas internet yang hampir digunakan di semua bidang, menjadi web designer adalah pekerjaan yang sangat menjanjikan. Memang tersedia layanan pembuatan web gratis, tapi website berbayar memiliki lebih banyak keunggulan.
Selain dari tampilan yang lebih baik, web berbayar juga memiliki fitur yang lebih lengkap, sehingga promosi produk akan lebih menarik dan efektif. Keuntungan yang akan Anda dapatkan bisa mencapai 80% dengan prospek yang sangat menjanjikan. Belum punya keahlian? Tenang saja, Anda bisa mempelajarinya secara otodidak. Banyak sumber yang bisa Anda jadikan sebagai guru. Oh ya, bahkan menjual nama domain unik pun merupakan peluang usaha di dunia digital ini.

2. Membuat Startup
Startup adalah istilah atau sebutan bagi pengusaha yang tengah merintis bisnis di bidang digital. Ada banyak jasa yang ditawarkan, seperti pembuatan website, software, aplikasi mobile, dan yang lainnya. Bisnis startup mengutamakan konten yang menarik dan kreatif agar diminati oleh masyarakat. Lalu, dari manakah pemasukannya? Dari iklan yang ditampilkan dan fitur-fitur berbayar yang ditawarkan saat membuka web atau aplikasi. Dalam memulai bisnis digital memang harus memiliki kemampuan di bidang IT, atau setidaknya ada tim yang kompeten di bidang IT, penjualan, dan lain sebagainya, sesuai dengan kebutuhan startup yang dijalankan. OLX (Toko Bagus), Blibli, dan BukaLapak adalah beberapa contoh startup yang terkenal di Indonesia.

3. Menyediakan jasa desain grafis
Jasa pembuatan desain grafis memiliki prospek yang sangat besar. Permintaannya tinggi disebabkan oleh promosi produk yang membutuhkan tampilan menarik dan ditunjang dengan tools computer yang semakin canggih. Untuk mendapatkan klien, Anda bisa mulai memasarkannya di beberapa marketplace, seperti Sribulancer, 99designs, dan Fiverr. Anda bisa mendapatkan pelanggan dari dalam dan luar negeri. Semakin sering Anda membuat portofolio, maka Anda akan semakin mahir dan hasilnya berkualitas. Silakan dicoba bagi Anda yang hobi menggambar atau mendesain sesuatu. Jadikan gambar Anda bukan sekadar gambar.

4. Membuat software
Software adalah perangkat lunak berisi bahasa pemrograman yang memiliki kesatuan dan memiliki nilai dan tujuan tertentu. Berdasarkan distribusinya, software terbagi menjadi dua jenis, yaitu software berbayar dan software gratis. Saat ini sudah terdapat berbagai jenis software, di antaranya adalah Adware, Beerware, Freeware, Shareware, Spyware, dan Open Source. Jika Anda bisa membuat software dan memiliki keahlian menyusun coding, silakan dicoba.

5. Media Sosial
Semakin hari, media sosial semakin berkembang. Dulu hanya Friendster, sekarang ada Facebook, Instagram, Path, Line, dan masih banyak lagi. Anda bisa mempelajari bagaimana mengoptimalkan penggunaan media sosial untuk berbisnis, internet marketing atau bahkan menciptakan media sosial sendiri khusus di sebuah daerah, seperti Weibo di Tiongkok misalnya.

6. Menjadi YouTuber
Suka mengupload video dan membaginya di YouTube? Anda bisa mencoba ide bisnis yang satu ini dengan lebih serius. Buatlah video yang viral. Semakin banyak yang melihat video Anda, maka semakin besar pendapatan yang Anda dapatkan. Selain itu, ada fitur subscriber. Uang yang kita dapatkan berasal dari iklan yang otomatis tayang dalam video dan iklan yang akan muncul jika penonton menekan tombol klik. Saat membuat video, Anda bisa menggunakan teknologi IT, supaya hasil video lebih jernih dan lebih indah. Beberapa video populer dan banyak dikunjungi adalah video tutorial, video kocak, dan rekaman karya pribadi.
Sebenarnya masih banyak lagi ide peluang usaha jika dibahas lebih rinci. Semoga artikel ini bisa memberikan pencerahan bagi Anda yang masih bingung mau berbisnis apa. Segera bulatkan niat dan tekad, survei target pasar yang sesuai dengan passion Anda, persiapkan yang berhubungan dengannya. Jika sudah menyiapkan semua hal tersebut, maka langkah selanjutnya adalah aksi nyata.

Proses Mencari Peluang Usaha

Banyak informasi yang sering terabaikan, hal ini disebabkan oleh ketidakmampuan kita dalam mengenali dan menggali peluang-peluang yang ada. Banyak sumber untuk memperoleh informasi, dari mulai media cetak sampai pada media elektronik. Semakin lengkap sumber-sumber informasi yang ada tentu semakin mempermudah kita untuk memperoleh informasi mengenai peluang berbisnis. Berikut beberapa tips dalam mencari informasi peluang bisnis :

  • Informasi tentang kepribadian dan kemampuan diri, temukan dan kenali diri anda
  • Peluang yang dapat diraih 
  • Kebutuhan dan keinginan konsumen 
  • Lingkungan yang dihadapi 
  • Situasi persaingan 
  • Dukungan dan trend kebijakan pemerintah.


Tahap - Tahap Pengembangan Usaha

Dalam melakukan kegiatan pengembangan usaha, seorang wirausahawan pada umumnya akan melakukan pengembangan kegiatan usaha tersebut melalui tahap – tahap pengembangan usaha sebagai berikut :

1. Memiliki ide usaha
Awal usaha seorang wirausahawan berasal dari suatu ide usaha. Ide usaha yang dimiliki seorang wirausahawan dapat berasal dari berbagai sumber. Ide usaha dapat muncul setelah melihat keberhasilan bisnis orang lain (pengamatan). Selain itu ide usaha juga dapat timbul karena adanya sense of business yang kuat dari seorang wirausahawan.

2. Penyaringan ide/Konsep usaha
Wirausahawan akan menterjemahkan ide usaha tersebut ke dalam konsep usaha yang merupakan penerjemah lebih lanjut ide usaha ke dalam matra – matra bisnis yang lebih spesifik. Penyaringan ide – ide usaha tersebut akan dilakukan melalui suatu aktivitas penilaian kelayakan ide usaha secara formal maupun yang dilakukan secara informal.

3. Pengembangan Rencana Usaha
Wirausahawan adalah orang yang melakukan penggunaan sumber daya ekonomi untuk memperoleh keuntungan. Dengan demikian komponen utama dari perencanaan usaha yang akan dikembangkan oleh seorang wirausahawan adalah perhitungan proyeksi rugi – laba dari bisnis yang dijalankan. Proyeksi rugi – laba merupakan muara dari berbagai komponen perencanaan bisnis lainnya yaitu perencanaan bisnis yang bersifat operasional. Dalam menyusun rencana usaha, harus segera ditambahkan bahwa para wirausahaan memiliki perbedaan yang mencolok dalam membuat rincian rencana usaha.

4. Implementasi rencana usaha dan pengendalian usaha
Rencana usaha yang telah dibuat baik secara rinci maupun global, tertulis maupun tidak tertulis selanjutkan akan diimplementasikan dalam pelaksanaan usaha. Rencana usaha akan menjadi panduan bagi pelaksanaan usaha yang akan dilakukan seorang wirausahawan. Dalam kegiatan implementasi rencana usaha, seorang wirausahawan akan mengerahkan berbagai sumber daya yang dibutuhkan seperti modal, material dan tenaga kerja untuk menjalankan kegiatan usaha.

Sumber:
https://diyantoimam.wordpress.com/2012/08/31/memahami-jenis-jenis-digital-business/
http://panduanim.com/peluang-usaha/
http://www.ruangfreelance.com/ide-peluang-usaha/
http://kampoeng-it.blogspot.co.id/2014/12/tugas-studi-kasus-peluang-usaha-di.html
http://idebisnisterbaru.com/ide-bisnis-modern-seputar-dunia-4-peluang-usaha.html

1 comments:

Unknown said...

Mantap rekomendasi peluang bisnisnya sangat lengap, kayaknya saya mau coba salah satu diatas. Tapi kang kita harus konsisten dalam menjalani sebuah bisnis, agar bisnis kita sukses ya kang... Sipp kang peluang bisnis nya

Post a Comment