Pages

Thursday, March 16, 2017

Pengantar Komputasi Modern


TUGAS 1: Komputasi Modern

Definisi Komputasi Modern
Komputasi modern adalah sebuah sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memori, seperti memori komputer. Oleh karena itu komputer disebut juga sebuah komputasi modern karena kebanyakan dari kita melakukan komputasi menggunakan komputer. Konsep ini pertama kali digagas oleh John Von Neumann (1903-1957).



Manfaat Komputasi Modern
Komputasi modern melakukan perhitungan dengan menggunakan komputer yang canggih dimana pada komputer tersebut tersimpan sejumlah algoritma untuk menyelesaikan masalah perhitungan seperti menghitung akurasi, dan menghitung kecepatan secara efektif dan efisien. Komputasi modern juga dapat dimanfaatkan untuk memecahkan masalah kompleksitas, dan modeling.

Jenis-Jenis Komputasi Modern
1.    Mobile Computing atau Komputasi Bergerak
Mobile computing (komputasi bergerak) merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel serta mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel. Berdasarkan penjelasan tersebut, untuk kemajuan teknologi ke arah yang lebih dinamis membutuhkan  perubahan dari sisi manusia maupun alat. Contoh dari mobile computing adalah GPS, smart phone, dan sebagainya.
2.    Grid Computing
Komputasi grid menggunakan komputer-komputer yang terpisah oleh geografis, komputer-komputer tersebut terhubung oleh suatu jaringan untuk menyelesaikan masalah komputasi dengan skala besar. Keuntungan dari komputasi grid adalah memaksimalkan sumber daya yang tersedia, dan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan besar berkurang secara signifikan.
3.    Cloud Computing atau Komputasi Awan
Cloud Computing merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama. Teknologi komputer berbasis sistem Cloud ini merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna. Teknologi ini mengizinkan para pengguna untuk menjalankan program tanpa instalasi dan mengizinkan pengguna untuk mengakses data pribadi mereka melalui komputer dengan akses internet.

TUGAS 2: Cloud Computing atau Komputasi Awan

Definisi Cloud Computing atau Komputasi Awan
Cloud Computing merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama.
Jika kita lihat dari pengertian diatas, cloud computing merupakan salah satu contoh dari komputer modern dimana jika kita melihat ke bagian user, cloud computing ini akan menyediakan storage dimana user dapat melakukan akses dimana dan kapan saja. Tidak hanya menyediakan storage, cloud computing juga berfungsi dalam hal deployment sebuah aplikasi.

TUGAS 3: Software atau Aplikasi Cloud Computing

Software atau aplikasi berbasis Cloud Computing yaitu :
1.      Google Drive
Google Drive adalah layanan penyimpanan online yang dimiliki Google. Google Drive diluncurkan pada tanggal 24 April 2012. Sebenarnya Google Drive merupakan pengembangan dari Google Docs. Google Drive memberikan kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB kepada setiap penggunanya. Kapasitas tersebut dapat ditambahkan dengan melakukan pembayaran atau pembelian Storage.


Penyimpanan file di Google Drive dapat memudahkan pemilik file dapat mengakses file tersebut kapanpun dan dimanapun dengan menggunakan komputer desktop, laptop, komputer tablet ataupun smartphone. File tersebut juga dapat dengan mudah dibagikan dengan orang lain untuk berbagi pakai ataupun melakukan kolaborasi dalam pengeditan.
2.      Dropbox
Dropbox adalah sebuah layanan cloud (awan) atau layanan penyimpanan data berbasis web. Kegunaan dan fungsi dropbox adalah sebagai tempat untuk menyimpan data atau file di dropbox inc secara gratis bagi semua orang terutama mereka yang membutuhkan tempat untuk menyimpan dan berbagai file secara online dan tentu saja aman.
3.      iCloud
iCloud merupakan layanan komputasi awan terbaru yang dipublikasikan oleh Apple Inc. dalam acara Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) yang diadakan tanggal 6 Juni 2011 di San Fransisco. iCloud memungkinkan para penggunanya untuk mensinkronisasi data seperti foto, musik, dan dokumen ke dalam iPhone, iPad, iPod Touch, Mac, dan komputer secara otomatis pada waktu yang bersamaan. Sehingga pengguna dapat mengaksesnya di mana saja dan kapan saja tanpa perlu mem-back up data secara manual. iCloud merupakan bentuk pengembangan dari trend teknologi terbaru dibidang jaringan yaitu komputasi awan.

TUGAS 4: Perusahaan yang Menerapkan Software atau Aplikasi Cloud Computing

            Contoh perusahaan yang menerapkan Cloud Computing :
XL Axiata
XL sebagai operator penyedia jasa telekomunikasi selular terdepan di Indonesia menyediakan beragam layanan dengan berbasis teknologi jaringan GSM. Komitmen XL untuk terus memberikan kualitas layanan yang handal dan tepat guna akan kebutuhan pelanggan dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan.
Salah satu solusi layanan yang telah dikembangkan XL dalam mempermudah anda dalam aktifitas dan bisnis pribadi atau korporat adalah dengan menggunakan teknologi Cloud Computing atau Komputasi Awan.
Produk :
1.     XCloud Server
Fasilitas yang disediakan:
·        Pilih jenis server maupun kapasitas sesuai kebutuhan
·        Server siap hanya dalam hitungan menit
·        Virtualisasi dengan menggunakan teknologi VMware
·        Akses online untuk pengaturan dan open API
·        Koneksi network dengan high availability ke Tier-1 backbone internet global.
2.     XCloud Storage
Fasilitas yang disediakan :
·        Storage dengan performa tinggi dan redundan yang dapat diakses secara online berbasiskan teknologi SAN.
·        Kapasitas dapat disesuaikan dengan cepat dan mudah.
·        Dapat menyimpan file dari yang berukuran kecil sampai dengan 5 GB.
·        Koneksi network dengan high availability ke Tier-1 backbone internet global.

Garuda Indonesia
Garuda Indonesia merupakan BUMN pertama yang bermigrasi menggunakan cloud server Indonesia. Salah satu visi Garuda Indonesia adalah "IT Based Airlines". Mereka ingin selalu terdepan dalam melakukan terobosan dan inovasi penerapan teknologi untuk meningkatkan kinerja perusahaan.
"Cloud Office Collaboration" merupakan sebuah sistem aplikasi pendukung pekerjaan yang mulai berkembang di dunia. Perusahaan yang telah menerapkan teknologi berbasisi "Cloud Office Colaboration" akan mendapatkan banyak kemudahan serta kelebihan. Khususnya dari sisi efisiensi "cost infrastucture".
Sejak awal 2015 Garuda mulai menerapatkan sistem "Cloud Office Collaboration" dan menjadi BUMN pertama yang menggunakannya. Sampai saat ini mereka sudah berhasil memigrasikan lebih dari 90% akun karyawan ke sistem ini. Jika sesuai dengan target maka akhir bulan ini proses migrasi akan selesai.



Referensi:

0 comments:

Post a Comment