Pages

Thursday, April 13, 2017

MOBILE COMPUTING

     Pengertian Mobile Computing
Perkembangan teknologi pada zaman sekarang semakin pesat. Bahkan saat ini hampir setiap orang menggunakan teknologi mobile karena penggunaannya yang praktis dan dapat dibawa kemana saja. Contoh yang paling sederhana dari teknologi mobile yaitu Smartphone. Smartphone termasuk  salah satu jenis mobile computing. Lalu, apakah mobile computing itu?

Mobile computing merupakan salah satu jenis komputasi modern sehingga bisa dikatakan mobile computing ini adalah sebuah teknologi atau perangkat elektronik yang canggih dan mampu berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel serta mudah dibawa kemana saja (portable). Contoh alat-alat yang termasuk mobile computing adalah Laptop, PDA, dan Smartphone.

Kelebihan dari mobile computing yaitu sifatnya yang portable sehingga pengguna dapat mengaksesnya dimana saja dan kapan saja (ubiquity). Kelebihan lainnya seperti komputasi simulasi dan penyelesaian masalah dapat berjalan lebih cepat dan mencakup domain yang lebih luas, serta ukuran dan berat dari alat ini seperti laptop atau smartphone membuat pengguna nyaman dalam bertransaksi.

Namun disamping kelebihan tersebut, mobile computing juga memiliki beberapa kekurangan seperti konsumsi tenaga yang terbatas karena ketika generator portable tidak tersedia, komputer mobile harus bergantung sepenuhnya pada daya baterai. Artinya, baterai yang mahal harus digunakan agar masa pakai baterai yang diperlukan bertahan lebih lama. Selain itu juga banyak faktor-faktor yang menyebabkan gangguan sinyal pada mobile computing seperti cuaca, jarak alat mobile computing dengan titik pemancar sinyal terdekat, dan penerimaan sinyal di dalam terowongan, di beberapa gedung dan daerah pedesaan seringkali buruk. Akses internet pada peralatan umumnya lebih lambat dan kurang stabil dibandingkan dengan koneksi kabel.

     Persamaan dan Perbedaan Mobile Computing dengan Cloud Computing
Persamaan dari teknologi mobile computing dan cloud computing yaitu keduanya sama-sama jenis komputasi modern yang melakukan proses komputasi dalam menyelesaikan masalah serta menemukan solusinya. Kedua teknologi tersebut juga membutuhkan alat pengolah data modern seperti Personal Computer/PC, laptop, maupun handphone untuk menjalankannya.

Perbedaan kedua teknologi tersebut yaitu mobile computing biasanya tidak menggunakan tempat yang besar dalam mengoperasikannya dibandingkan dengan cloud computing karena mobile computing dapat digunakan dimana saja dan kapan saja. Pada mobile computing proses komputasi cenderung dilakukan sendiri oleh pengguna, sedangkan pada cloud computing proses komputasi membutuhkan ASP dan internet sebagai media penghubung. Pada mobile computing, jika tidak ada sumber daya listrik maka memerlukan daya pengganti yaitu baterai sehingga teknologi ini cenderung lebih mahal dalam pengadaan energi jika dibandingkan dengan cloud computing. Perbedaan lainnya yaitu untuk mengakses sebuah aplikasi mobile computing biasanya pengguna harus melakukan proses instalasi aplikasi tersebut agar dapat mengaksesnya. Sedangkan untuk cloud computing tidak perlu melakukan instalasi karena aplikasi biasanya sudah diinstall di server penyedia layanan cloud jadi pengguna dapat langsung menggunakannya tanpa harus menginstall aplikasi di device pengguna.

     Perusahaan yang Menerapkan Mobile Computing


Perkembangan teknologi mobile computing sangat pesat di era sekarang ini. Banyak perusahaan yang sudah menerapkan teknologi mobile computing untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis. Teknologi ini lebih memudahkan perusahaan dalam menjangkau konsumennya. Salah satu perusahaan yang menerapkan mobile computing yaitu Bank BCA.

Saat ini bank BCA sudah menerapkan mobile computing yang disebut dengan BCA mobile. BCA mobile adalah layanan mobile banking pada smartphone (Blackberry, Android, dan iPhone) dengan tampilan menu yang menarik dan mudah digunakan. Pengguna dapat melakukan transaksi finansial (transfer, pembayaran, pembelian, dll), transaksi  non finansial (cek saldo, cek histori transaksi, dll), informasi lokasi cabang/ATM, informasi kurs dan fitur-fitur menarik lainnya pada BCA mobile.


Cukup dengan terhubung internet, dan mengakses aplikasi BCA mobile yang sudah diunduh, seluruh urusan perbankan pengguna selesai dalam hitungan menit. Ini yang ditawarkan BCA mobile, aplikasi pada smartphone yang dapat digunakan untuk transaksi perbankan, baik mobile banking BCA (m-BCA) maupun internet banking BCA (KlikBCA versi smartphone).

Keuntungan dan kelebihan yang sangat mendasar pada BCA Mobile jika dibandingkan dengan versi terdahulunya yaitu SMS Banking BCA terletak pada biaya dan dan efisiensi kinerja, BCA SMS akan memotong biaya pulsa sms yang lumayan dan pengguna harus menghafal format perintah isi sms, dan hal ini tidak akan terjadi pada aplikasi BCA Mobile.

Khusus bagi pengguna BCA mobile dengan  OS Android dan iOS, dapat menikmati layanan terbaru sebagai berikut:
1.  Fasilitas Blokir Kartu ATM BCA melalui menu m-Admin -> Blokir Kartu ATM
2.  Fasilitas Blokir Kartu Kredit BCA melalui menu m-Admin -> Blokir Kartu Kredit
3.  Fasilitas Aktivasi Kartu Kredit BCA melalui menu m-Admin -> Aktivasi Kartu Kredit
4.  Fasilitas Membuat/mengubah PIN Kartu Kredit BCA melalui menu m-Admin -> Buat/Ubah PIN.




Sumber:
http://www.bca.co.id/mbca
http://postaven.blogspot.co.id/2015/04/apa-itu-mobile-computing.html
http://yogafirdauss.blogspot.co.id/2016/05/persamaan-dan-perbedaan-cloud-computing.html
https://ardianaruhilkahfi.wordpress.com/2015/04/14/mobile-computing/

0 comments:

Post a Comment